Lebih Jauh Seputar Kandungan Minyak Habbatussauda

Ada baiknya sebelum kita mengkonsumsi rutin Minyak Habbatussauda kita mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalam habbatussauda itu sendiri. Saat ini telah banyakpenelitian penelitian seputar kandungan kimia yang terdapat di dalam habbatussauda atau jintan hitam baik oleh orang Indonesia maupun oleh peneliti dari luar.

minyak habbatussauda

Bahkan saat ini banyak mahasiswa yang tertarik meneliti kandungan dan manfaat dari Habbtussauda salah satu nya adalah UTAMI FERYANITA AMIR mahasiswa FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR 2016 dimana penelitian yang beliau lakukan mengambil judul UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK METANOL BIJI JINTAN HITAM (Nigella Sativa L.) TERHADAP BAKTERI STREPTOCOCCUS mutans.

Di dalam pnelitiannya beliau menyebutkan minyak habbatussauda atau jintan hitam mengandung berbagai bahan aktif seperti asam amino, protein, karbohidrat, baik minyak tetap (asam lemak 84%, termasuk linoleat dan oleat) dan minyak atsiri, alkaloid, saponin, serat kasar, serta mineral seperti kalsium, zat besi, sodiumdan kalium. Di antara bahan-bahan aktif lainnya, senyawa golongan kuinon hadir dalam minyak atsiri, thymoquinone(TQ),  sekitar27-57% telah dikaitkan menjadi bahan aktif yang paling penting dalam seluruh biji atau ekstraknya. Dithymoquinone, thymohydroquinone dan timol adalah bahan aktif secara farmakologi lainnya yang telah diidentifikasi dengan kromatografi cair kinerja tinggi(HPLC) (Dollah, dkk, 2013: 97

Biji jintan hitam (Nigella sativa L) mengandung beberapa senyawa, antara lain 15 jenis asam amino; protein; karbohidrat 0,5-1 %, minyak atsiri tidak kurang dari 0,2% v/b (Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 1979). Kandungan minyak atsiri dalam biji bahkan dapat mencapai 1,5%. Kandungan lain dalam bijinya adalah glukosida, saponin, zat pahit, dan minyak lemak (Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2014).

Sudah tergambar jelas bukan ternyata di dalam minyak habbatussauda terdapat banayk sekali kandungan kimia yang bermanfaat baik bagi tubuh maupun untuk di manfaatkan sebagai bahan alami lainnya. Tinggal bagaimana kita menyikapi hal tersebut diatas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jual Bubuk Minuman Sidoarjo Keuntungan Dan Kemudahan Berbelanja

Jual Minyak Habbatussauda Duren Sawit Jakarta Timur